Loading...

Nama Besar Seniman Dunia (Behind The name of Their)

Minggu, 03 Juni 2012

Share On:
Siapa yang tahu dibalik nama-nama besar dibawah ini, mereka dikenang dan di sambut di Zaman mereka dan Sekarang...

Kahlil Gibran

Terlahir 6 Januari 1883 di Beshari, Lebanon. Beshari sendiri merupakan daerah yang kerap disinggahi badai, gempa serta petir. Tak heran bila sejak kecil, mata Gibran sudah terbiasa menangkap fenomena-fenomena alam tersebut. Inilah yang nantinya banyak mempengaruhi tulisan-tulisannya tentang alam. Gibran menulis drama pertamanya di Paris dari tahun 1901 hingga 1902. Tatkala itu usianya menginjak 20 tahun. Karya pertamanya, "Spirits Rebellious" ditulis di Boston dan diterbitkan di New York, yang berisi empat cerita kontemporer sebagai sindiran keras yang meyerang orang-orang korup yang dilihatnya. Akibatnya, Gibran menerima hukuman berupa pengucilan dari gereja Maronite. Akan tetapi, sindiran-sindiran Gibran itu tiba-tiba dianggap sebagai harapan dan suara pembebasan bagi kaum tertindas di Asia Barat.

Jalaluddin Rumi 

Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri atau sering pula disebut dengan nama Rumi adalah seorang penyair sufi yang lahir di Balkh (sekarang Afganistan) pada tanggal 6 Rabiul Awwal tahun 604 Hijriah, atau tanggal 30 September 1207 Masehi. Ayahnya masih keturunan Abu Bakar, bernama Bahauddin Walad. Sedang ibunya berasal dari keluarga kerajaan Khwarazm. Ayah Rumi seorang cendekia yang saleh, mistikus yang berpandangan ke depan, seorang guru yang terkenal di Balkh. Saat Rumi berusia 3 tahun karena adanya bentrok di kerajaan maka keluarganya meninggalkan Balkh menuju Khorasan. Dari sana Rumi dibawa pindah ke Nishapur, tempat kelahiran penyair dan alhi matematika Omar Khayyam. Di kota ini Rumi bertemu dengan Attar yang meramalkan si bocah pengungsi ini kelak akan masyhur yang akan menyalakan api gairah Ketuhanan.

William Shakespeare Lahir

23 April tahun 1564, William Shakespeare, sastrawan terbesar Inggris, terlahir ke dunia. Pada usia 18 tahun, William menikah dengan Anne Hathaway. Tidak banyak yang diketahui tentang Shakespeare hingga tahun 1593,  ketika ia menerbitkan karyanya yang berjudul Venus and Adonis. Pada tahun itu pula, Shakespeare bersama enam orang lainnya mendirikan sebuah perusahaan teater. Shakespeare kemudian menulis skenario untuk kelompok teaternya, rata-rata dua naskah setiap tahun.  Shakespeare meninggal dunia pada tahun 1616 dan selama 52 tahun masa hidupnya, Shakespeare menulis 37 naskah drama, 154 soneta dan berbagai variasi puisi. Karya Shakespeare yang terkenal di antaranya berjdul Hamlet dan Romeo and Juliet.

William Turner Lahir 

23 April tahun 1775, Joseph Mallord William Turner, seorang pelukis Inggris terkenal, terlahir ke dunia. Turner dianggap sebagai seniman lukisan lanskap Inggris yang paling orisinal dan master di aliran romantis. Pada usia 14 tahun, Turner telah diterima di Royal Academy of Arts dan tiga tahun kemudian telah menjadi pelukis topografi untuk majalah. Pada tahun 1791, untuk pertama kalinya, Turner memamerkan dua lukisan cat air di Royal Academy. Selama 10 tahun berikutnya, ia mengadakan pameran secara teratur dan pada tahun 1807, ia diangkat sebagai professor bidang perspektif. Turner kemudian melakukan perjalanan ke berbagai negara dan menghasilkan sangat banyak sketsa lukisan yang kemudian ia kembangkan di studio lukisnya. Karya William Turner antara lain berjudul Sun Rising dan  Liber Studiorum
 
Max Planck Lahir
23 April tahun 1858, Max Planck, seorang fisikawan terkenal penemu teori kuantum, terlahir ke dunia di Kiel, Jerman. Planck belajar di Universitas Munich dan Berlin, dan pada tahun 1879, ia menerima gelar doktor di bidang filsafat. Ia kemudian mengajar di berbagai universitas dan melakukan berbagai penelitian di bidang fisika. Penelitian Planck yang paling terkenal adalah dalam proses radiasi dan ia menemukan adanya electromagnetik di alam. Dari studi ini, Planck terarah kepada problem distribusi energi dalam spektrum yang penuh radiasi. Planck kemudian berhasil menemukan bahwa energi suatu paket radiasi sebanding dengan frekuensi radiasi yang dihubungkan oleh angka konstant, yang diberi nama sebagai konstanta Planck. Teorinya yang paling terkenal adalah Teori Kuantum, yang menyatakan bahwa cahaya dan bentuk radiasi electromagnet lainnya dipancarkan dan diserap dalam bentuk energi yang disebut kuantum. Planck meninggal dunia tahun 1947.

Sergei Prokoviev Lahir 

23 April tahun 1891, Sergei Sergeyevich Prokofiev, pemusik yang dianggap sebagai salah satu komposer terbesar abad ke-20, terlahir ke dunia di Sontsovka, Ukraina. Prokofiev belajar musik di St. Petersburg Conservatory dari tahun 1904 hingga 1914 dan ketika lulus, ia meraih hadiah Anton Rubinstein sebagai pelajar piano terbaik. Sebagaimana komposer-komposer besar lainnya, Prokofiev  menguasai berbagai genre musik, seperti simfoni, concerti, musik film, opera, dan ballet. Karya-karya Prokofiev dianggap beraliran ultra-modern and inovatif. Prokofiev kemudian melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk menampilkan karya musiknya dan meraih ketenaran besar. Pada tanggal 5 Maret 1953, Prokofiev meninggal dunia di Moskow.

Abul ‘Ala Ma’ari Meninggal 

3 Rabiul Awwal tahun 441 Hijriah, Abul ‘Ala Ma’ari, seorang penyair  dan penulis terkenal dunia Arab, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 363 Hijriah dan menuntut ilmu bahasa di kota Ma’rah dan berbagai kota lainnya di Syria. Ma’ari kemudian pergi ke Bagdad untuk meneruskan pelajarannya. Meskipun Ma’ari sejak kecil telah kehilangan pengelihatannya, ia berhasil menjadi salah satu penyair terkenal di zamannya. Karya syair Ma’ari di antaranya berjdul Risalatul Ghufran.

Ada yang lain?? coment bro....
ADVERTISMENT
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Jasa Buat Web Pangkalpinang | Tips Blogger | Special Thanks
Copyright © 2013. Saungjiwa Blog - All Rights Reserved
Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger